Sejarah Asal Mula Bangsa Aceh
Konon keturunan bangsa Aceh adalah
dari tanah Persia. Seperti kita sering dengar kepanjangan ACEH sebagai
Arab, China, Eropa, dan Hindustan (India). Namun sampai sekarang jarang
para sarjana yang mengangkat kisah seperti ini. Hanya Affan Jamuda dan
A.B. Lila Wangsa yang menulis “Peungajaran Peuturi Droe Keudroe
(Pelajaran mengenal diri sendiri)” menyebutkan: Wangsa Acheh saboh
wangsa nyang jak meunanggroe rot blah barat pulo Ruja. Wangsa nyan asai
phon nibak wangsa Achemenia, Wangsa Achemenia nyang asai jih phon bah
binak buket Kaukasus di Europa teungoh. Wangsa Achemenia nyang hudep bak
thon 2500 GM (gohlom masehi). Wangsa Achemenia saboh wangsa nyang harok
meurantoe, sampoe wangsa nyang meusipreuk bansaboh Asia, Afrika, Europa
ngon pulo Ruja. Nyang saboh turonan neuweh u tanoh Parsi jeut keuwangsa
Parsia, nyang sabih suke neuweh u pulo Ruja, dudoe teuma jeut
keu-wangsa Acheh.Wangsa Acheh asai phon nibak wangsa
Achemenia-Parsia-Acheh, Affan Jamuda and AB. Lila Wangsa, Peungajaran
Peuturi Droe Keudroe (Pidie: Angkasa Muda, 2000).
Terjemahannya; Bangsa Aceh
adalah satu bangsa yang membangun negeri di sebelah barat Pulau Ruja
(Sumatera). Bangsa ini asalnya dari bangsa Achemenia, bangsa Achemenis
berasal dari sebuah bukit Kaukasus di Eropa Tengah. Bangsa Achemenia
hidup sekitar 2500 Tahun sebelum Masehi. Bangsa Achemenia satu bangsa
yang suka merantau, sampai bangsa ini tersebar di seluruh Asia, Afrika,
Eropa dan juga Pulau Ruja. Satu keturunan pindah ke tanah Persia,
kemudian menjadi bangsa Persia, yang satu suku lagi pindah ke Pulau
Ruja, kemudian lahir bangsa Aceh. Bangsa Aceh pertama sekali berasal
dari bangsa Achemenia-Parsia-Acheh). Tentu saja itu bukan sebuah
kebetulan, jika kemudian kita temukan akar sejarah migrasi manusia dari
Persia, bahkan sebelum Raja Darius (521-486 Sebelum Masehi) yang
menguasai Persia, konon beragama Zoroasther. Raja ini menyebarkan sayap
pemerintahannya sampai Eropa, Anatolia, Mesir, Mesopotamia, dan India
Barat.
Dalam buku A History of
World Societies disebutkan bahwa: “They had created “world empire”
encompassing of the oldest and most honored kingdoms and peoples of the
ancient Near East.” Jadi, ada benarnya bahwa penggalan lagu Rafly di
atas, yaitu “Beek tabeoh kada wangsa meutuwah; turounan meugah meuri-ri
wangsa; khujja ngoen majja lakap geupajah; turoenan meugah dorius raja”.
Sampai sekarang, bukti sejarah ini memang masih mengundang sejumlah
tanda tanya. Sebab, di dalam sejarah, selalu disebutkan nama Parsia di
dalam sejarah Aceh, namun jarang yang bisa menarik kembali kemana arah
sejarah Aceh sebelum Masehi atau sebelum Islâm datang ke daerah ini.
Pada masa Darius dan anaknya Xerxes (486-464 Sebelum Masehi), mereka
telah membangun suatu monarki kekuasaan, yang ternyata telah disebutkan
sebagai “world empire” (kerajaan dunia) hingga menjadi cikal bakal
beberapa kerajaan di Timur Tengah.
“
Kemudian
Jamuda dan Lilawangsa menulis: hon teuka di tanoh Parsi (Iran-Irak
jinoe). Sabab musabab neueuka sampoe roh neumeunanggroe lam pulo ruja.
Bak zameun Raja Dorius neumat keurajeun di Parsia, lam masa nyang kuasa
keurajeun Raja Dorius luah lagoina mulai di Meuser troh u Hindi ngan lam
pula Ruja. Lam masa nyan keu wangsa-ureung bako-bako di nanggroe Parsia
neujak duek u nanggroe blah barat pulo Ruja nyang dudoe neulakap
Nanggroe Aceh. Yoh goh nyang lam tanoh Acheh kana Aulia-Aulia Allah,
nyang sahe naggroe Acheh milek harta Aulia-Aulia Allah (Bangsa Persia
sebelum menjadi bangsa Aceh, pertama kali datang di tanoh Parsia
(Iran-Irak sekarang). Sebab datangsampai membangun negeri di Pulau Ruja.
Pada masa zaman Raja Darius memegang tampuk kekuasaan di Persia, pada
waktu itu wilayah kekuasaan Raja Darius sangatlah luas sekali mulai dari
Mesir hingga ke India sampai ke Pulau Ruja.
“
Pada
zaman itu berbagai bangsa di negeri Persia berangkat menetap di sebelah
Barat Pulau Ruja kemudian diberinama Nanggroe Aceh. Sebelum itu di
tanah Aceh sudah ada wali-wali Allah, yang jaga negeri Aceh milik
harta-harta Aulia Allah). Jadi, dapat dipastikan bahwa asal usul indatu
orang Aceh adalah dari Parsia yang datang ke Pulau Ruja, sebuah pulau
yang kemudian diberi nama Aceh. Namun yang menarik adalah jika benar
pada zaman Raja Darius yang beragama Zoroasther sudah ada Wali-Wali
Allah di Aceh, maka pertanyaannya adalah apa benar sudah ada agama yang
menyembah Allah sebelum Masehi. Sebab ungkapan bahwa Aceh milik atau
tanah para Wali juga ditemukan dalam ungkapan lagu Rafly berikut, Han
geu meu kafe ureung Aceh nyang/ ’Saweub bumoe nyang tanoh Aulia/ Geutem
sut nyawong peudong kheun Allah/ Kameunan reusam geutung pusaka… (Tidak
akan menjadi Kafir orang Aceh itu/Sebab bumi ini adalah tanah Aulia/
Rela mengeluarkan nyawa untuk mempertahankan kalimah Allah/ Begitu adat
yang diambil sebagai pusaka). Sayangnya semua sejarah itu masih berupa
catatan perang. Kegemilangan Aceh sebagai salah satu kerajaan besar
hanya cerita manis.
‘
Ada
yang menarik tentang Aceh, yakni simbol agama yang dikekalkan dalam
suasana dayah, sebagai pusat sumber ilmu agama Islam tempoe doeloe.
Ketika Aceh hendak dijajah, semua suku dan ulama di Aceh sepakat melawan
penjajahan. Karena itu, konsep kebencian orang Aceh terhadap
penjajahan, bukan karena kebencian etnisitas atau sejarah, tetapi karena
melawan penindasan atau penjajahan merupakan jihad. Hal itu dibuktikan
oleh Tgk Chik Pantee Kulu dengan karyanya kitab Hikayat Prang Sabi yaitu
membakar semangat orang Aceh melawan penjajah dengan ideologi agama.
Dalam
konteks etnis, orang Aceh adalah orang yang berjiwa kosmopolitan alias
bisa menerima siapa saja atau suku bangsa apapun. Untuk mengelompokkan
etnisitas, sistem kerajaan Aceh menyusun kependudukan berdasarkan negeri
asal suku bangsa tersebut, sebagaimana dilukiskan dalam hadih maja
“Sukee lhee reuthoh bak aneuk drang, Sukee ja sandang jeura haleuba,
Sukee tok bate na bacut bacut, Sukee imuem peut yang gok-gok donya”.
Sukee di sini dalam kata lain artinya suku sehingga hadih maja ini
menggambarkan keragaman suku bangsa di dunia yang berdomisili di Aceh.
Semuanya berhasil disatukan oleh sultan Alaidin Riayatsyah Al Qahhar
(1537-1565) di bawah panji Islam dan terayomi di bawah payung kerajaan
Aceh Darussalam.
“
Mengenai
asal usul masyarakat Aceh, HM. Zainuddin (1961), mengatakan bahwa orang
dari suku Batak/Karee membentuk kaum Lhee Reutoih. Orang asing lainnya
seperti Arab, Persia, Turki, Keling (dagang), Melayu semenanjung, Bugis
membentuk kaum Tok Batee Sultan berasal dari kaum Tok Batee. Kaum
percampuran dari Hindu dan Batak Karee membentuk group baru menjadi kaum
Ja Sandang. Pimpinannya diberi gelar dengan panglima kaum dengan gelar
kaum imeum peut. Sedangkan orang Gayo, sebagaimana dikutip Gerini (HM.
Zainuddin, 1961) menghubungkannya dengan Dagroian sesuai dengan catatan-
catatan Marcopolo. Menurutnya, Dagroian berasal dari kata-kata drang –
gayu, yang berarti orang Gayo. Masyarakat tumbuh dan berkembang dari
waktu ke waktu. Perubahan itu bisa saja berpunca di dalam masyarakat
itu sendiri atau bersumber dari luar lingkungan masyarakat yang
bersangkutan. Aceh mempunyai comparative advantage karena menjadi
pusaran dunia, transit pertama sebelum ke bagian Nusantara.
“
Terakhir,
saya ingin menegaskan bahwa dalam sejarah kebudayaan Aceh, persoalan
bersatu dan berpisah adalah hal yang sangat biasa. Artinya, mereka bisa
bersatu dengan kelompok manapun,namun budaya yang sudah mengakar yang
dibalut dengan kualitas tradisi Islam tidak akan pernah dapat
dihentikan. Jiwa nasionalisme orang Aceh yang menjadi bagian dari
Indonesia merupakan satu nafas dalam perjuangan mereka, sejauh itu tidak
dikhianati. Adapun nasionalisme di Indonesia walaupun masih didominasi
oleh pemahaman kebudayaan Jawa, agaknya memang telah mewariskan
persoalan sejarah yang tercecer. Artinya, sejarah nasionalisme di
Indonesia adalah sejarah yang dikendalikan oleh pemerintah. Sehingga
dinamika kebudayaan di daerah dianggap sebagai ‘aset’ bukan pelaku
utama, untuk tidak mengatakan mereka tidak memberikan arti yang
signifikan. Hal ini belum lagi dimana ‘aset’ budaya Indonesia cenderung
dijadikan sebagai objek untuk kepentingan sosial politik, bukan
kepentingan kebudayaan bangsa Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar