Jumat, 09 Desember 2016

Sejarah Asal Usul Terbentuknya Kota Bogor

Sejarah Asal Usul Terbentuknya Kota BogorKota Bogor merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Barat dan letaknya berdekatan dengan kota Jakarta. Berbeda dengan kota- kota yang ada, kota Bogor ini letaknya berada di tengah- tengah daerah kabupaten Bogor sehingga menjadi pusat Wilayah Bogor.
1
Mungkin, orang- orang sering mendengar bahwa kota Bogor tersebut dikenal sebagai kota Hujan karena memang pada kenyataannya kota ini sering mengalami hujan atau memiliki curah hujan yang tinggi. Karena keadaan tersebut sering kali kota Bogor dianggap sebagai penyebab terjadinya banjir yang ada di Ibu Kota atau Jakarta namun, sebenarnya kota Bogor tersebut merupakan wilayah yang letaknya didataran tinggi sehingga saat hujan terjadi air mengalir ke dataran yang lebih rendah namun karena telah berkurangnya daerah resapan air maka Jakarta sering mengalami Banjir.
Selain keunikannya sebagai kota yang sering sekali turun hujan, ternyata kota Bogor juga menyimpan banyak sejarah termasuk asal- usul terbentuknya kota Bogor tersebut.
Menurut para ahli sejarah, konon Bogor pada jaman dahulu merupakan tempat berdirinya Kerajaan Hindu Tarumanegara yaitu pada abad ke-5. Selain itu kerajaan- kerajaan lainya juga mulai dibangun pada wilayah ini karena dulunya kota Bogor merupakan kota yang sangat tenang dan juga di halangi oleh banyaknya bukit dan gunung sehingga dipercaya aman dari serangan musuh.
Salah satu kerajaan lain yang ikut berada di wilayah Bogor tersebut adalah Kerajaan Sunda dengan ibu kota pemerintahan Pakuan atau Padjajaran. Saat itu kerajaan Sunda tersebut dipimpin oleh Prabu Siliwangi atau yang disebut juga sebagai Sri Baduga Maharaja diresmikan penobatannya pada tanggal 3 juni dan tanggal tersebut hingga kini dijadikan sebagai hari lahir kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan banyak ditemukannya prasasti- prasasti yang konon memiliki kekuatan ghaib sehingga dilestarikan sebagai wujud dan bukti sejarah.
Selain dikenal dengan sejarah kerajaannya, kota Bogor juga dikenal dengan sejarah colonial Belanda atau pada jaman penjajahan Belanda. Saat itu Bogor direncanakan untuk dibuat sebagai tempat perisitirahatan para Jendral Belanda yaitu Gubernur Jendral Gustaaf Willem Baron Van Imhoff dengan membangun Istana Bogor serta dibangun pula Jalan Raya Deandless yang menghubungkan Batavia (Jakarta) dengan kota Bogor. Selain itu saat Belanda menduduki wilayah Bogor, mereka mulai menyatukan daerah- daerah yang ada di Bogor dan juga menamai Puncak sebagai Biitenzorg yang berarti aman atau tentram.
Tak sampai disitu, setelah pasukan Belanda menyerah dan meninggalkan Bogor. Mulainya Inggris datang dan menguasai Bogor dibawah pimpinan Gubernur Jendral Raffles yang merenovasi halaman Istana Bogor menjadi Kebun Raya. Raffles juga merupakan orang yang pertama kali menemukan keberadaan Bunga Bangkai saat melakukan ekspedisi bersama dengan penduduk lokal Bogor.
Sebelumnya pada saat pemerintahan Jepang, wilayah Bogor mengalami keterpurukan namun, semua itu kembali setelah jepang ditaklukan oleh Belanda dan mulailah dilakukan pembangunan. Seiring dengan berkembangnya jaman dan kemerdekaan Indonesia berhasil direbut kembali, wilayah Bogor mulai ditata dan ditetapkan wilayah administratifnya hingga kini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar